Rabu, 19 Oktober 2011

Rapat Pembangunan Tol Solo Kertosono





Kota Surakarta merupakan salah satu kota terbesar di Provinsi Jawa Tengah dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi sehingga pembangunan jalan tol dirasa sangat mendesak untuk mendukung pengembangan wilayah kota dan sekitarnya.

Dengan dasar itu pada hari Kamis (19/8) diadakan Rapat Koordinasi dimana pada rapat ini membahas tentang pencapaian Progres pembangunan Jalan Tol Solo – Kertosono tahun anggaran 2009 – 2010 dan rencana pembangunan untuk tahun anggaran 2011 – 2012.Pembangunan Jalan Tol ini merupakan bagian dari Jaringan jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan panjang + 179 Km.

Pada tahun 2009 telah dilaksanakan pembangunan jalan +600 m dengan menggunakan dana APBN sebesar Rp.15 Milyar. Sedangkan pada tahun 2010 dialokasikan dana + Rp.53 Milyar untuk pembangunan struktur bawah jembatan (+ 300 m ) dan oprit sisi barat jembatan ( + 150 m ). Dengan harapan pada akhir tahun 2012 dapat dioperasikan jalan tol sepanjang 24 Km yang dapat berfungsi sebagai Solo Outer Ring Road ( Lingkar Luar Solo Raya ).

Rapat Koordinasi ini sendiri dilaksanakan di Ruang Rapat Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V yang dihadiri oleh Plt. Kasie Pengawasan, konsultan dan Satker pembangunan Jalan Tol Solo – Kertosono dalam rapat yang dipimpin oleh Kabid Pelaksanaan mewakili Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V.

Manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat dengan berfungsinya pembangunan Jalan Tol Solo – Kertosono ini diantaranya adalah tersedianya akses menuju Bandara Adisumarmo dan akses dari/ke jalan raya Solo – Purwodadi dan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar